Strategi Visual Marketing: Bagaimana Plakat Iklan Menyampaikan Pesan Tanpa Kata-Kata

  • Feb 17, 2024
  • Share On
Image of Strategi Visual Marketing: Bagaimana Plakat Iklan Menyampaikan Pesan Tanpa Kata-Kata

Saat ini, dengan banyaknya persaingan bisnis yang semakin meningkat, marketing strategy yang efektif menjadi kunci utama untuk mencapai kesuksesan. Tantangan ini semakin nyata karena adanya kemajuan teknologi yang menghasilkan informasi dan visual dari berbagai sumber. Dalam upaya untuk menonjolkan brand dan produk, perusahaan harus mengadopsi pendekatan yang kreatif dan menarik.

Salah satu strategi yang paling sering dilakukan adalah penggunaan iklan. Dilansir dari StickEarn, iklan merupakan suatu bentuk komunikasi yang dapat mempengaruhi dan menggerakkan audiens untuk melakukan pembelian produk, menggunakan layanan, atau menerima ide yang ditawarkan oleh perusahaan. Melalui pesan-pesan yang disampaikan dengan jelas dan kreatif, iklan menjadi sarana yang kuat untuk membangun brand awareness, menarik minat konsumen, dan akhirnya meningkatkan penjualan.

Iklan biasanya berupa iklan cetak, iklan televisi, hingga yang terbaru yaitu iklan digital yang muncul di social media. Pelaku usaha berlomba-lomba membuat branding strategy iklan yang unik dan menarik sehingga diharapkan mampu menarik perhatian konsumen dan mampu membedakan brand dengan kompetitor.

Laserfox selaku jasa laser cutting yang berpengalaman menyadari bahwa iklan sangatlah penting bagi suatu perusahaan. Dalam memberikan sesuatu yang unik namun menarik, salah satu bentuk iklan yang bisa menjadi pilihan adalah plakat iklan. Ini karena plakat mampu menyampaikan pesan dengan kuat melalui elemen visualnya.

Lantas, mengapa elemen visual sangat penting dalam marketing?

Melansir dari Dreambox, brand yang konsisten dengan identitas visualnya akan lebih efektif dalam berinteraksi dengan audiensnya daripada yang tidak. Identitas visual yang tepat mencerminkan perusahaan dengan positif dan akurat, sejalan dengan pesan lisan dan tulisan. Dengan demikian, konsistensi visual menjadi kunci dalam membangun hubungan yang kuat dengan konsumen.

Nah, untuk itu mari simak bagaimana plakat iklan dapat menjadi instrumen yang efektif dalam marketing.

Keunggulan Plakat Iklan

Plakat iklan memiliki keunggulan dalam kemampuannya menangkap perhatian secara visual tanpa mengandalkan kata-kata. Dengan desain dan gambar yang menarik, plakat dapat secara efisien menyampaikan pesan kepada target pasar dengan cepat. Keunikan visualnya mampu menciptakan kesan yang mendalam dan menggugah emosi, sementara bahannya yang berasal dari akrilik berdaya tahan tinggi dapat dipastikan menyampaikan pesan brand Anda dalam jangka waktu yang lama. Kreativitas dalam desain juga memberikan ruang bagi Anda untuk menciptakan plakat yang unik dan berkesan. Inilah yang membedakan brand Anda dari pesaing sehingga membangun kesan yang kuat di benak konsumen. Dengan demikian, plakat iklan mampu menjadi salah satu alat promosi yang efektif dalam marketing strategy modern.

Apa saja elemen-elemen penting yang harus ada di plakat iklan?

  1. Gambar dan Grafik yang Menonjol

Gambar dan grafik yang menonjol adalah fondasi dari plakat iklan tanpa kata-kata. Gambar-gambar harus dipilih dengan hati-hati untuk mencerminkan pesan yang ingin disampaikan kepada konsumen. Grafis harus jelas, relevan, dan mudah dipahami. Misalnya, jika plakat iklan bertujuan untuk mempromosikan produk makanan, gambar produk tersebut harus difokuskan dengan jelas dan menarik.

  1. Warna dan Kontras

Penggunaan warna yang baik dapat memicu emosi tertentu dan memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Misalnya, menurut Canva warna merah sering kali dikaitkan dengan kegembiraan atau urgensi, sementara warna biru dapat memberikan kesan kedamaian atau kepercayaan. Kontras yang kuat antara warna-warna yang digunakan juga membantu elemen-elemen visual untuk lebih menonjol dan mudah terlihat.

  1. Komposisi yang Efektif

Komposisi yang efektif mengacu pada pengaturan elemen-elemen visual dalam plakat iklan dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Hal ini mencakup penempatan gambar, teks (jika ada), dan elemen-elemen grafis lainnya. Prinsip-prinsip desain seperti keseimbangan, proporsi, dan penekanan juga harus diperhitungkan dalam menciptakan komposisi yang efektif. Dengan begitu diharapkan mampu membuat konsumen tidak bingung dan kehilangan fokus sehingga memahami pesan yang disampaikan.

Maka dari itu, plakat iklan tanpa kata-kata merupakan strategi yang layak dipertimbangkan dalam upaya pemasaran yang sukses. Apakah Anda tertarik menggunakan plakat untuk mempromosikan bisnis Anda? Yuk, hubungi kami. Karena dengan menggandeng Laserfox sebagai mitra bisnis Anda, Laserfox mampu memperkuat strategi visual marketing Anda dengan solusi kreatif dan efektif.