Mengulas Proses Pembuatan Huruf Timbul

  • Feb 20, 2019
  • Share On
Image of Mengulas Proses Pembuatan Huruf Timbul

Huruf timbul adalah huruf yang dicetak menyembul/timbul dari permukaan tempat huruf tersebut dibuat, baik pada media kertas maupun media lainnya. Di dunia advertising, pengaplikasian huruf timbul dapat berupa pembuatan huruf atau logo perusahaan milik klien yang dibuat menggunakan bahan khusus sesuai dengan desain yang dikehendaki.

Huruf timbul memiliki ukuran panjang, lebar, dan ketebalan yang sudah ditentukan. Bahan-bahan yang umum dipakai dalam pembuatan huruf timbul antara lain acrylic, kuningan, logam stainless, dan galvanis.

Huruf timbul punya manfaat yang terbilang besar. Karena notabene dicetak pada dimensi yang besar dan punya bentuk mencolok, maka huruf timbul efektif digunakan untuk menunjukkan identitas dari sebuah instansi atau perusahaan.

Nah, sebagai penyedia jasa advertising Surabaya, laser cutting Surabaya, dan pembuatan neon box Surabaya yang terpercaya, My Laser Fox akan menjelaskan mengenai proses pembuatan huruf timbul kepada business maker semua. Silakan disimak.

Menentukan ukuran dan desain huruf timbul

Pertama-tama, huruf timbul harus ditentukan ukurannya. Pengukuran dilakukan untuk mengetahui pola seperti apa yang bisa dibuat sesuai dengan permintaan dari klien. Output dari proses ini adalah mendapatkan spesifikasi ukuran dan desain awal. Kadang klien tidak hanya meminta tulisan, tetapi juga logo. Maka, pola desain logo bisa dibuat menggunakan software editor sehingga didapatkan hasil maksimal.

Pemotongan bahan sesuai dengan desain

Apalabila desain sudah disepakati, langkah selanjutnya adalah memotong bahan menyesuaikan dengan desain. Proses ini harus dilakukan secara presisi agar hasil yang didapatkan bisa sesuai dengan pola desain baik dari segi ukuran, font, maupun keseluruhan teksnya. Tahukah Anda? Dalam pembuatan huruf timbul, setiap desain huruf harus dibuat dua kali (jika membuat desain huruf D, maka huruf tersebut dicetak dua kali). Hal ini dilakukan agar permukaan huruf timbul (bagian depan dan belakang) tertutup.

Menyatukan potongan

Selanjutnya, dilakukan proses menyambung dan merakit bagian-bagian yang sudah didesain. Proses penyatuan ini bisa dilakukan menggunakan patri atau las. Tahap inilah yang menentukan seberapa kuat dan tahan sebuah plat huruf timbul itu nantinya. My Laser Fox selalu memastikan proses pengelasan dilakukan secara baik dan benar sehingga hasil jadi produknya akan mampu bertahan lama.

Finishing dan pemberian warna

Proses finishing meliputi merapikan huruf timbul, seperti membuang bagian-bagian sisa dan menghaluskan kembali permukaan dengan mendempul. Setelah itu, huruf timbul siap untuk diberi warna.

Huruf timbul siap dipasang

Nah, setelah materi huruf timbul selesai dibuat, kini saatnya melakukan instalasi di titik yang dikehendaki klien. Umumnya, huruf timbul dipasang pada fasilitas instansi atau perusahaan di posisi yang bisa dengan mudah dilihat orang. Tujuannya tentu saja untuk mengenalkan identitas dari brand atau perusahaan tersebut.

Berikut tadi tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam pengerjaan huruf timbul. Apabila Anda tertarik untuk membuat huruf timbul, Anda bisa menghubungi My Laser Fox. Selain itu, My Laser Fox juga selalu siap untuk memberikan konsultasi dan pelayanan seputar jasa advertising, laser cutting Surabaya, dan neon box Surabaya kepada Anda. Urusan laser cutting dan neon box di Surabaya, serahkan saja pada My Laser Fox!

Latest News