Kenali Pajak Reklame dan Cara Pembayarannya

  • Nov 27, 2019
  • Share On
Image of Kenali Pajak Reklame dan Cara Pembayarannya

Halo Business Maker! Pada beberapa artikel sebelumnya My Laser Fox sudah pernah membahas mengenai harga pemasangan reklame. Nah, kini kami akan memberikan penjelasan terkait pajak yang harus dibayarkan ketika Anda memasang reklame.

Bagaimana prosedur pembayaran pajak reklame? Berapa kira-kira pajak yang harus dibayarkan? Pertanyaan tersebut pasti muncul di benak Anda. Setelah sepakat untuk memasang reklame di lokasi yang telah ditentukan, Anda diharuskan untuk mengajukan izin penyelenggaraan reklame kepada pemerintah kota setempat. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan legalitas akan reklame yang Anda pasang. Umumnya, pengajuan pajak reklame memakan waktu 1-2 minggu. Jika Anda telah mendapat legalitas penyelenggaraan reklame, pemerintah kota setempat akan menentukan berapa pajak yang harus Anda bayar tiap tahunnya dengan survei terlebih dahulu. Beberapa faktoryang menentukan besarnya jumlah pajak yaitu lokasi jalan, jumlah sisi material pasang (misal neon box), ketinggian pemasangan, serta ukuran reklame.

Pemerintah kota setempat juga memberikan jaminan bongkar, dengan nilai sebesar 20-30% dari pajak reklame. Jaminan bongkar ini memiliki sifat refundable yang cukup menguntungkan bagi Anda, apabila Anda memutuskan untuk melepas reklame yang telah dipasang sebelum masa berlaku habis. Jaminan bongkar akan hangus saat reklame tidak segera dilepas setelah melewati masa berlaku reklame. Untuk informasi pembayaran pajak reklame mungkin akan berbeda tiap kota. Nah, apakah Anda masih bingung dengan skema pembayaran pajak reklame? Jangan khawatir, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan My Laser Fox, penyedia jasa advertising, laser cutting, dan pembuatan neon box di Surabaya. Kepuasan Anda adalah prioritas kami!

Latest News